Hubungan jarak rumah dengan tempat pelayanan kesehatan

Jarak rumah dengan tempat pelayanan kesehatan
Pada umumnya pasien-pasien akan mencari tempat pertolongan kesehatan ke fasilitas kesehatan yang berlokasi di dekat tempat tinggal mereka. Bila karena alasan tertentu mereka mendatangi tempat pelayanan yang jauh maka petugas klinik tersebut harus mampu membantu dan menjelaskan fasilitas kesehatan terdekat yang dapat memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan lanjutan. Fasilitas kesehatan tersebut harus memiliki kemampuan yang dapat diandalkan untuk melayani berbagai keperluan pemulihan kondisi kesehatan, pertolongan gawat darurat yang memadai atau pelayanan kontrasepsi yang komprehensif bagi pasien-pasien yang membutuhkan (Saifuddin, 2003).
Metode pengobatan yang memiliki ketergantungan yang besar pada fasilitas pelayanan akan sulit dilanjutkan apabila pasien tidak mempunyai kemampuan untuk menjangkau fasilitas pelayanan fasilitas pelayanan tertentu. Oleh karena itu, pasien juga harus diinformasikan beberapa metode alternatif (tidak tergantung dengan fasilitas pelayanan misalnya penyediaan toko obat, apotik desa, polindes) yang merupakan perpanjangan tangan puskesmas (Safuddin, 2002)
Hal yang harus diperhatikan adalah kemudahan untuk mendapatkan pelayanan dan pengobatan serta keterjangkauan biaya yang harus dikeluarkan untuk suatu prosedur pengobatan agar fungsi pelayanan kesehatan dan sosial menjadi berimbang (Saifuddin, 2002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: